Apa Masa Depan untuk Jam Atom Skala Chip?

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana Internet melacak waktu? Atau apa yang membuat sistem GPS tetap berjalan akurat? Nah, ada sedikit teknologi tepat di jantung semua itu, yang dikenal sebagai jam atom skala chip atau CSAC. Dan jam kecil ini adalah detak jantung yang menggerakkan dunia digital modern kita. Ini adalah panduan Anda untuk semua yang perlu Anda ketahui tentang jam atom, apa itu, dan bagaimana mereka akan berubah di masa depan.

Jam atom chip dikembangkan sebagian oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), badan yang bertanggung jawab untuk merancang dan merekayasa sebagian besar gadget militer kita yang paling kompleks. Para insinyur di balik arloji berteknologi tinggi ini tahu bahwa agar komputer dan perangkat di seluruh dunia dapat menyepakati waktu, mereka memerlukan jam referensi yang cukup kecil untuk muat di dalam laptop, perangkat seluler, atau perangkat lain apa pun yang memerlukan sinkronisasi waktu.

Istilah skala chip mengacu pada harga jam digital masjid ukuran jam yang tidak lebih dari chip komputer besar. Faktanya, jam itu sendiri memiliki berat hanya 35 gram (hampir setara dengan $1,50 per kuartal) dan hanya mengkonsumsi listrik 120 mW. Dibandingkan dengan versi jam atom sebelumnya yang dipasang di rak, ini adalah pengurangan tiga besaran dalam hal rasio ukuran dan daya.

Selain itu, jam atom lebih akurat dan stabil daripada jam tangan tradisional lainnya. Misalnya, sebelum jam atom digunakan secara luas, osilator kristal digunakan untuk menjaga waktu. Namun, jam atom memiliki keunggulan besar dibandingkan bentuk awal ini karena menggunakan daya yang jauh lebih sedikit. Bahkan, ketika dikembangkan, jam itu dianggap sebagai terobosan ilmiah yang ditambahkan ke koleksi permanen The Smithsonian.

Meskipun mungkin tidak tampak jelas, penggunaan CSAC memiliki harga running text banyak manfaat. Misalnya, patroli tentara di lapangan menggunakan jammer radio berukuran ransel yang mencegah perangkat peledak yang dikendalikan radio meledak. CSAC sangat penting untuk proses ini, menjaga sinyal radio tepat waktu untuk menghentikan gelombang radio yang tidak diinginkan tanpa gagal.

Militer juga menggunakan CSAC untuk mempertahankan waktu di atas pesawat tak berawak. Karena drone didorong ke batasnya secara geografis, mereka mungkin terbang ke tempat-tempat dengan sinyal GPS rendah atau tidak ada sama sekali. Jam memungkinkan komputer di pesawat drone untuk tetap berfungsi dan mempertahankan kontak yang stabil dengan teknisinya.

Selain itu, jam atom telah digunakan dalam penemuan sumber daya minyak, gas, dan mineral bawah air. Saat mensurvei dasar laut untuk kemungkinan lokasi sumur, sebuah kapal akan menjatuhkan armada sensor yang memiliki jam atom yang terpasang di dalamnya. Sensor kemudian melacak pulsa sonik bawah air dan mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan melalui kerak bumi di bawah dasar laut. Dan karena ketepatan waktu jam, membantu membuat peta geologi bawah laut di daerah itu.

Tidak diragukan lagi, CSAC akan terus meningkat seiring dengan teknologi digital yang terus mendorong kebutuhan akan waktu yang akurat. Faktanya, banyak proyek sedang dikerjakan untuk mendorong teknologi ini hingga batasnya. Misalnya, NASA sedang menguji jam dalam serangkaian satelit berukuran bola bowling baru yang akan dikerahkan dalam susunan untuk menurunkan biaya dalam eksperimen ruang angkasa.

Leave a Comment