Pengertian Biduran

Pengertian Biduran

Biduran atau urtikaria adalah reaksi pada kulit yang membuat munculnya bentol berwarna merah. Awalnya bentol nampak pada satu bagian tubuh, kemudian menyebar. Bentuk dan ukuran bentol berbeda-beda.

Ruam pada biduran umumnya merasa benar-benar gatal, dan terkadang mampu juga merasa perih. Gejala biduran mampu terjadi berjam-jam dan berangsur hilang dalam lebih dari satu hari.

Biduran akut bakal pulih tidak cukup berasal dari enam minggu. Biduran akut adalah suasana yang umum terjadi, terlebih pada anak-anak dan wanita berusia 30-60 th. serta mereka yang punyai riwayat alergi Obat Biduran Alami .

Sedangkan biduran kritis bertahan lebih berasal dari enam minggu atau berupa kambuhan sepanjang lebih dari satu bulan –bahkan tahun. Biduran kritis mampu jadi merupakan tanda-tanda berasal dari penyakit lain yang sedang diderita, layaknya lupus atau penyakit tiroid.

Penderita biduran, baik yang akut maupun kronis, mampu mengalami angioderma. Angioderma adalah pembengkakan susunan kulit yang lebih dalam. Umumnya, angioedema terjadi pada bagian kelopak mata, bibir, tangan, alat kelamin, dan kaki. Angioderma mampu diatasi dengan antihistamin dan pemakaian pill kortikosteroid jangka pendek.

Artikel Lainnya: Kenali Penyebab Biduran dan Cara Mengatasinya

Gejala Biduran
Bentol dan Ruam Merupakan Gejala Biduran

]Gejala biduran adalah bentol dan ruam yang nampak umumnya merasa benar-benar gatal. Ukuran dan lokasinya berbeda-beda. bentol mampu menghilang di satu bagian tubuh dan nampak kembali di bagian tubuh lainnya.

Pengobatan biduran umumnya tidak kudu dilakukan, gara-gara bakal membaik dalam waktu dua hari. Namun, biduran mampu jadi tambah kritis gara-gara faktor-faktor di bawah ini:

Mengonsumsi minuman keras
Mengonsumsi kafein
Stres
Suhu hawa yang panas
Suhu hawa yang dingin
Jika gejala-gejala biduran yang dialami memburuk dan tidak hilang dalam waktu dua hari, langsung periksakan ke dokter. Bisa jadi diperlukan penanganan khusus untuk meredakannya.

Urtikaria Vaskulitis. Salah satu jenis biduran adalah urtikaria vaskulitis, yakni kala pembuluh darah di dalam kulit mengalami radang. bentol pada jenis ini bertahan lebih lama dan merasa lebih sakit. bentol juga mampu meninggalkan memar.
Anafilaksis. Biduran mampu juga jadi bagian berasal dari tanda-tanda anafilaksis. Anafilaksis adalah sebuah reaksi alergi kritis yang terjadi tiba-tiba sampai mampu berakibat fatal. Namun, umumnya orang yang punyai alergi tidak raih tingkat anafilaksis kalau terekspos pemicu alerginya.
Selain biduran, gejala-gejala anafilaksis antara lain:

Pembengkakan pada kelopak mata, bibir, tangan dan kaki
Sesak napas yang disebabkan oleh penyempitan saluran udara
Nyeri perut dan muntah-muntah
Risiko anafilaksis tinggi ada pada penderita asma atau eksim. Walau dinyatakan sebagai suasana gawat, penderita anafilaksis mampu pulih seutuhnya asal ditangani dengan cepat dan tepat.

Artikel Lainnya: Mengapa Biduran Tak Boleh Digaruk?

Penyebab Biduran
Ilustrasi Penyebab Biduran

Penyebab biduran gara-gara dipicu oleh tingginya persentase histamin dan unsur kimia lainnya yang dilepas ke kulit. Kemudian, histamin dan unsur kimia lain tersebut membuat pembuluh darah melebar sehingga aliran darah pun meningkat. Hal ini yang jadi penyebab biduran dan kulit nampak memerah.

Ada dua jenis, biduran akut dan biduran kritis yang dibagi berdasarkan durasi dan tingkat keparahan gejala, yaitu:

Biduran Akut
Ini adalah jenis biduran yang gejalanya bakal menghilang tidak lebih berasal dari enam minggu. Sebagian penyebab biduran akut tidak diketahui penyebabnya. Namun, ada lebih dari satu hal yang dikenali sebagai pemicu biduran akut, yaitu:

Alergi makanan, seandainya makanan laut
Faktor lingkungan, seandainya suhu benar-benar panas atau benar-benar dingin
Infeksi, baik yang ringan layaknya pilek sampai infeksi betul-betul layaknya HIV
Gigitan serangga
Efek samping obat-obatan tertentu, layaknya obat antiradang nonsteroid atau antibiotik
Stres
Biduran akut yang disebabkan oleh makanan, minuman, atau obat-obatan lebih ringan untuk dihindari. Berbeda kalau biduran akut disebabkan oleh stres, gara-gara segi penyebab ini sukar dihindari.

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Biduran Tanpa Obat

Biduran Kronis
Biduran kritis mampu timbul sebagai reaksi berasal dari autoimun. Autoimun terjadi kala sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel atau jaringan sehat tubuhnya sendiri. Antibodi yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh membuat pelepasan histamin dan inilah yang membuat terjadinya biduran kronis.

Biduran kritis juga mampu terjadi sebagai akibat berasal dari infeksi organ hati, gangguan pada kelenjar tiroid, dan ada parasit di dalam saluran pencernaan. Belum diketahui seutuhnya penyebab terjadinya autoimun. Kondisi ini mampu timbul pada penderita penyakit autoimun, layaknya lupus dan artritis reumatoid.

Biduran kritis berupa kambuhan. bentol bakal nampak dan menghilang dalam kurun waktu tertentu. Beberapa segi pemicu biduran kronis, di antaranya:

Suhu hawa yang panas
Mengonsumsi obat-obatan tertentu, layaknya antiradang nonsteroid dan obat pereda sakit
Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein
Mengalami stres
Memakai busana yang benar-benar ketat untuk waktu yang lama
Mengonsumsi zat aditif yang ada di dalam makanan atau minuman
Gigitan atau sengatan serangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *